KURANGNYA MINAT MAHASISWa dalam menulis

Menulis , sebuah kata yang tidak asing lagi bagi teliga kita , bahkan semejak kita memasuki dunia pendidikan . di mana saja kita bisa menemukan yang namanya tulisan . menulis itu bagaikan kegiatan yang  “mendarah daging” bagi kehidupan kita dan sudah menjadi kebiasaan bisa dikatakan menulis itu bagian dari hidup kita. Kalau tidak ada orang yang menulis kita tidak bisa membaca,bagaimana kita bisa mendapatkan sebuah pengetahuan kalau seseorang tidak menuliskan pengetahuan itu.bagaimana orang bisa mengingat sesuatu kalau kita tidak menulis.jadi,menulis itu sebuah kegiatan yang penting dan paling dasar dalam sebuah kehidupan .
Mahasiswa disebut-sebut sebagai “agent of change” gerakan perubahan yang merubah ketidakadilan di lingkungannya ,kritis dalam menanggapi sesuatu dan juga sebagai generasi masa depan kelak yang diharapkan bisa menjadi pemimpin yang lebih baik di masa depan . Menulis seharunya menjadi salah satu “senjata” bagi mahasiswa itu sendiri dalam menanggapi hal-hal yang ada disekitarnya.menulis juga lebih efektif untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada di sekitarnya,ketimbang mengatasinya secara langsung , kadang untuk mengatasi permasalahan disekitar secara langsung kurang dipedulikan orang lain maka dari itu menulis memang sesuatu yang sangat efektif .
Di kampus saya, katakanlah namanya kampus abu .di kampus ini semejak saya menginjakan pertama kali di kampus ini sampai sekarang ,mahasiswa di kampus abu ini hanya mengandalkan kegiatan-kegiatan mahasiswanya. semua organisasi mahasiswa hanya rutin mengadakan kegiatan baik itu kegiatan local maupun nasional .berarti organisasi kemahasiswaan disini aktif dalam artian mahasiswa sebagai gerakan perubahan dan juga mahasiswa disini punya kreativitas dalam mengelola suatu acara . tapi setelah ditawarkan menulis mereka geleng-geleng kepala dan banyak mengatakan alasan-alasan yang bisa dibilang “classik” mereka tidak mau menulis dengan bermacam-macam alasan seperti banyak tugas kuliah yang harus diselesaikan, bad mood atau alasan yang lainnya yang bisa diterima nalar .
seharusnya mereka pun bisa aktif menulis untuk perubahan dan kebaikan demi kampusnya yang tercinta . mana ke aktifan mereka sebagai mahasiswa? , apakah mereka hanya bisa melakukan kegiatan dari pada menulis ? . padahal menulis itu sesuatu hal yang di katakan sangat mudah hanya saja rasa malas mereka yang tidak mau untuk menulis . seharusnya mereka bisa jadikan senjata yang amupuh untuk mengahadapi permasalahan yang ada di sekitarnya .banyak sekali manfaat dari menulis . dengan menulis kita bisa mengukur kecerdasaan seseorang , dengan menulis kita bisa mengukur ke intelektualan seseorang dan juga dengan menulis kita bisa merubah seseorang dengan pemikiran-pemikiran.menulis itu bisa merobah dunia .begitu banyak keistimewaan dari menulis begitu banyak manfaat dari menulis. Kenapa mahasiswa tidak menggunakan hal ini untuk merubah ketidakadilan untuk berjuang melawan sesuatu yang tidak sesuai dengan kebenaran ???? saatnya kalian untuk berkarya , saatnya kalian untuk merubah yang ada disekitar kalian untuk lebih baik lagi . kalian mahasiswa kalian gerakan perubahan.Jadi mahasiswa apa yang kalian tunggu apa , lakukanlah perubahan itu sekarang .
“orang boleh pintar setinggi langit,tetapi selama ia tidak menulis, ia akan dilupakan sejarah".
Pramoedya Ananta Toer

ARIF

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKU HANYA BUTUH “SEMANGAT”

Catatan Kecil : Potret Sekarang Organisasiku

Antara Memilih dan Dipilih Harus Saling Mendukung